Pembuatan Tape Ketan

A. LANDASAN TEORI

Tape merupakan makanan tradisional yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Proses pembuatan tape melibatkan proses fermentasi yang dilakukan oleh jamur Saccharomyces cerivisiae. Jamur ini memiliki kemampuan dalam mengubah karbohidrat (fruktosa dan glukosa) menjadi alcohol dan karbondioksida. Selain Saccharomyces cerivisiae, dalam proses pembuatan tape ini terlibat pula mikrorganisme lainnya, yaitu Mucor chlamidosporus dan Endomycopsis fibuligera. Kedua mikroorganisme ini turut membantu dalam mengubah pati menjadi gula sederhana (glukosa).

B. ALAT DAN BAHAN
1. Pengukus nasi (langseng) 1 buah
2. Panci atau baskom 1 buah
3. Tampah 1 buah
4. Cukil kayu 1 buah
5. Kipas 1 buah
6. Keler/daun pisang/plastik
7. Beras ketan hitam atau ketan putih
8. Ragi tape

C. PROSEDUR KERJA

1. Cuci bersih semua peraltan yang akan digunakan, lalu keringkan
2. Cuci bersih beras ketan yang akan digunakan
3. Rendamlah beras ketan tersebut selama 12 jam
4. Setelah direndam selama 12 jam, angkat beras ketan tersebut lalu bilas dengan air beberapa kali

5. Kukus beras ketan tersebut sampai matang

6. Angkat beras ketan yang telah matang, lalu letakkan di atas tampah atau baskom, dinginkan dengan cara mengipasinya

7. Setelah dingin campurkan ragi yang telah dihaluskan dan aduk sampai merata
8. Bungkus ketan yang tela dicampur ragi dengan daun pisang atau plastik, atau masukkan ke dalam keler (stoples)
9. Simpan selama 2-3 hari

catatan:
1. Banyaknya ragi yang digunakan disesuaikan dengan jumlah beras ketan. Bila terlalu banyak akan mempercepat proses fermentasi dan menyebabkan rasa tape menjadi pengar, bila terlalu sedikit dapat menyebabkan tape yang terbentuk tidak manis dan terasa keras
2. Takaran ragi yang tepat biasanya diperoleh berdasarkan pengalaman
3. Kualitas tape yang baik turut ditentukan oleh jenis ragi yang digunakan dan asal ragi tersebut

D. PERTANYAAN UNTUK DISKUSI
1. Apa fungsi perendaman selama 12 jam sebelum beras ketan dikukus?
2. Mengapa pemberian ragi harus dilakukan pada saat ketannya dingin?
3. Mengapa asal ragi dapat menentukan kualitas tape yang dihasilkan?

About these ads

24 Komentar

  1. cool…:D
    thks.

  2. Jawaban pertanyaan diskusi :
    1. Fungsi perendaman adalah untuk menambah masa Ketan, supaya tidak terlalu keras, hal ini juga membantu proses pengukusan selanjutnya
    2. Pemberian ragi di lakukan pada keadaan ketan dingin, supaya kerja ragi berjalan optimal, sebab jika di berikan pada saat ketan masih panas, bisa jadi raginya mati (bakteri)
    3. tentu saja ini sangat berpengaruh, asal ragi sangat menentukan berhasil tidaknya pembuatan tape, karena ini adalah pengeraknya.
    sekian komentar dangakal dari saya, mohon ma’af kalo opini saya keliru

    • pintarr :))

  3. Apa perbedaan tape yang di bungkus daun pisang dengan yang di nmasukan ke dalam toples??

  4. bagaimana dengan proses pembuatan arak ketan, apakah sama seperti proses pembuatan tape? kalau berbeda tolong dijelaskan secara spesifik. kalau tadi anda menyebutkan kualitas tape ditentukan dari jenis ragi dan asal raginya? bisa anda jelaskan tentang jenis ragi dan asal ragi seperti yg anda maksud. arya.girindra@gmail.com

  5. Apa tujuan pembuatan Tape tersebut di atas?

  6. saya inginya tape ketan putih,ga’ pa2 dech te2p bermanfaat!!!!!!!!!!!!!!!!

  7. apa pungsi dari ragi tape????

  8. makasih yah..
    aku udah bkn tape tp lupa dokumentasi
    hehe

  9. siiiip dah…!!!!
    pas hari ini aku ada Praktek IPA-BIOLOGI…….
    Membuat Tape Dari Ketan Hitam….!!!!!
    thx….

  10. aq blm pernah bikin tpe! ak mau nyoba tp, klo beras nya 1/2kg raginya brpa ya?

  11. numpang mampir mas ….ijin chopasnya buat lebaran nanti thank’s

  12. Bgus bgt… Kbtulan, q da tugas biolgi tntang peran jamur n cra pmbuatanya. Thk y

  13. akhirnya,,ada juga situs lengkap yang bisa membantu untuk sekolah saya..thx ya.!!

  14. thanks it make me easily for my task
    two thumps up

  15. makasih ya atas infonya….

    info ini sangat membantu sy dalam membuat tugas biolgi….

  16. apa peranan organisme dlm pmbuatan tapu…?
    apkh pmbuatn tape ketan trmsk bioteknologi konfensional…?

  17. wahhh…
    kebetulan banget ku lagi mau ujian praktek bioteknologi.. ^^
    membantu bgt nih, hahaha…
    thanks.. ^^

  18. [...] Pembuatan Tape Ketan [...]

  19. copy paste untuk tugasku hehehehe :)

  20. kalo pas udah di kemas di toples perbedaan rasanya gimana?

  21. bgus bget kmi kn pnya tgas uga biologi sruh membuat metode ilmiah

  22. hoh jadi seperti itu yah ?

  23. kerenz..


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 2.240 pengikut lainnya.