Lomba untuk Guru

DIREKTORAT PROFESI PENDIDIK

DIREKTORAT JENDERAL

PENINGKATAN MUTU PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

DIREKTORAT PROFESI PENDIDIK

LOMBA KEBERHASILAN GURU DALAM PEMBELAJARAN

TINGKAT NASIONAL TAHUN 2008

Departemen Pendidikan Nasional berusaha secara kontinyu meningkatkan kemampuan

profesional guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Salah satu kegiatannya adalah menyelenggarakan “Lomba Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran Tingkat Nasional.” Keberhasilan guru dalam pembelajaran tercermin dari hasil penelitian, penelitian tindakan kelas (PTK), kajian, atau evaluasi khususnya di bidang penyusunan program, penyajian program, penilaian proses, dan hasil pembelajaran.

A. TEMA

“Melalui lomba keberhasilan guru dalam pembelajaran kita tingkatkan profesionalitas

guru sebagai agen pembelajaran yang kreatif dan inovatif untuk mewujudkan pendidikan

yang bermutu”.

B. TUJUAN

  1. Memotivasi guru untuk lebih berkreasi dan berinovasi dalam menyusun, menyajikan, serta menilai proses dan hasil pembelajaran.
  2. Mendorong guru untuk selalu meningkatkan kemampuan meneliti, mengkaji, mengevaluasi, mengembangkan kreatifitas, dan inovasi untuk menghasilkan

pembelajaran yang bermutu.

  1. Menanamkan budaya, minat, bakat dan kebiasaan untuk pengembangan hasil kegiatan pengembangan profesi baik lisan maupun tulisan secara baik dan benar.
  2. Menyebarluaskan berbagai pengalaman guru yang berhasil meningkatkan mutu

pembelajaran, sehingga dapat dimanfaatkan dan dijadikan referensi bagi guru lainnya.

C. LINGKUP LOMBA

Lingkup kegiatan yang dilombakan dalam Lomba Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran Tingkat Nasional Tahun 2008, adalah

  1. Kegiatan penyusunan program, penyajian program dan penilaian hasil

pembelajaran atau bimbingan yang berdampak kepada meningkatnya prestasi belajar peserta didik.

  1. Peningkatan proses dan hasil belajar peserta didik yang tercermin pada meningkatnya efektivitas dan efisiensi proses belajar peserta didik dengan indikator meningkatnya minat dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran yang dipelajarinya sesuai dengan tujuan pembelajaran atau bimbingan yang telah ditetapkan. Hasil belajar tersebut dapat diukur melalui skor perolehan belajar, skor sikap, dan berbagai skor pengukuran lain yang tingkat kepercayaannya telah diuji.
  2. Berupa hasil penelitian, penelitian tindakan kelas, kajian, atau evaluasi dengan

pendekatan, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif atau kualitatif.

D. KERANGKA ISI

Abstrak : ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris antara 200 – 300 kata.

1. Bagian awal

a. Halaman judul

i. Judul singkat, jelas, relevan dengan isi tulisan, dan diketik dengan huruf kapital.

ii. Nama penulis.

iii. Kedudukan guru yang menyatakan keberadaannya pada satuan pendidikan TK/SD/SMP/SMA/ SMK/SLB dan mata pelajaran atau bimbingan dan konseling yang menjadi bidang tugasnya.

iv. Tanggal penulisan.

b. Halaman pengesahan/persetujuan kepala sekolah

Lembaran tersebut menyatakan pengesahan atau persetujuan kepala sekolah dengan bukti tanda tangan, nama, NIP/NIGB/NIY (kalau ada) dan stempel sekolah yang bersangkutan.

c. Kata Pengantar

d. Daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, dan daftar lampiran bila ada

e. Abstraksi

2. Bagian inti pembahasan

a. Pendahuluan

Pendahuluan berisi atau mengungkapkan antara lain hal-hal sebagai berikut :

i. Latar belakang

􀂃 Menggambarkan bahwa topik atau fokus permasalahan menarik dan relevan dengan upaya peningkatan mutu pembelajaran/ bimbingan dan konseling.

􀂃 Menunjukkan bahwa topik atau fokus permasalahan tersebut bersifat spesifik, asli, dan belum pernah disajikan secara tertulis sebagai karya lomba keberhasilan pembelajaran/ bimbingan dan konseling.

ii. Rumusan masalah atau pertanyaan penelitian, kajian, atau evaluasi yang menggambarkan ruang lingkup atau pembatasan kegiatan

iii. pembelajaran/ bimbingan yang dilakukan sesuai dengan topik atau fokus permasalahan.

iv. Tujuan dan manfaat penelitian, kajian, atau evaluasi yang dilakukan. Rumuskan secara rinci tujuan dan manfaat kegiatan penelitian, kajian, atau evaluasi yang dilakukan.

v. Definisi konsep, definisi operasional, dan/atau kajian teoritis yang relevan.

b. Metodologi penelitian atau prosedur pembelajaran.

i. Metode penelitian atau prosedur pembelajaran/ bimbingan.

Jelaskan secara rinci prosedur penelitian, penelitian tindakan kelas, kajian, atau evaluasi pembelajaran/bimbingan yang dilakukan.

ii. Subjek penelitian, kajian, atau evaluasi. Jelaskan secara rinci pada kelas berapa kegiatan pembelajaran/bimbingan dilakukan, berapa banyak dan bagaimana karakteristik siswanya.

iii. Teknik pengumpulan data. Jelaskan teknik pengumpulan data, seperti dengan tes, observasi, data sekunder, dan sebagainya.

iv. Validasi instrumen penelitian, kajian, atau evaluasi. Jelaskan bagaimana instrumen itu divalidasi, seperti uji validitas, validasi sejawat, atau menggunakan instrumen yang terstandar.

v. Teknik analisis data. Jelaskan teknik analisis data, baik kuantitatif maupun kualitatif.

c. Laporan hasil penelitian atau kegiatan pembelajaran

i. Hasil penelitian kegiatan pembelajaran

ii. Analisis hasil penelitian kegiatan pembelajaran

d. Kesimpulan dan saran-saran

i. Kesimpulan utama yang dapat diambil dari kegiatan pembelajaran/bimbingan

ii. Saran-saran yang ditujukan baik kepada teman sejawat, pengelola pendidikan atau berbagai pihak lain yang relevan.

3. Bagian Akhir

a. Daftar pustaka

b. Lampiran data-data yang diperlukan untuk menunjang kebenaran laporan kegiatan, misalnya: data hasil belajar, instrumen pengukuran yang digunakan program pembelajaran atau proses bimbingan dan konseling dan lain-lain.

c. Setiap karya tulis ilmiah supaya dilampirkan biodata peserta yang disahkan oleh kepala sekolah (contoh terlampir).

E. KETENTUAN LOMBA

  1. Lomba bersifat perseorangan.
  2. Naskah lomba berupa hasil penelitian, penelitian tindakan kelas, kajian, atau evaluasi yang dilakukan secara ilmiah.
  3. Peserta lomba hanya diperbolehkan mengirimkan satu karya tulis ilmiah yang sesuai dengan bidang tugas yang menjadi tanggungjawabnya (bila mengirimkan lebih dari satu, karya tulis ilmiah dinyatakan gugur).
  4. Surat pernyataan penulis, bahwa naskah lomba tersebut asli hasil karya sendiri,

bukan plagiat/jiplakan, dan belum pernah dinilai pada lomba sejenis, baik di dalam maupun di luar Departemen Pendidikan Nasional yang diketahui oleh kepala sekolah.

  1. Jumlah halaman sekurang-kurangnya 30 (tiga puluh) halaman kertas berukuran A4, tidak termasuk bagian awal dan lampiran-lampiran.
  2. Diketik 2 (dua) spasi dengan menggunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris

yang baik dan benar.

  1. Naskah lomba dijilid dan diberi sampul dengan ketentuan:

a. Warna hijau untuk guru TK;

b. Warna merah untuk guru SD;

c. Warna biru untuk guru SMP;

d. Warna abu-abu muda untuk guru SMA;

e. Warna kuning untuk guru SMK; dan

f. Warna ungu untuk guru SLB

F. ASPEK YANG DINILAI

1. Keaslian atau orisinalitas hasil karya lomba yang dibuat oleh guru yang

bersangkutan, bukan jiplakan karya orang lain.

2. Bersifat inovatif, spesifik dan sesuai dengan karakteristik mata pelajaran, latar

belakang siswa serta situasi/kondisi tempat guru bertugas.

3. Naskah ditulis sesuai dengan kerangka penulisan hasil laporan penelitian.

4. Hasil pembelajaran atau kebermanfaatannya dalam meningkatkan mutu

pendidikan.

G. PERSYARATAN PESERTA

1. Peserta lomba adalah

  1. Guru Taman Kanak-kanak (TK)
  2. Guru Sekolah Dasar (SD) untuk guru kelas dan guru mata pelajaran
  3. Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP), Guru Sekolah Menengah Atas

(SMA), Guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk semua mata pelajaran.

  1. Guru Sekolah Luar Biasa (SLB) untuk guru kelas dan guru mata pelajaran.
  2. Guru pembimbing atau guru bimbingan dan konseling

2. Masih aktif mengajar pada sekolah negeri atau sekolah swasta di bawah pembinaan Departemen Pendidikan Nasional, baik guru PNS maupun guru bukan PNS

3 Mempunyai masa kerja sebagai guru sekurang-kurangnya 4 (empat) tahun dibuktikan dengan SK pengangkatan/penugasan pertama sebagai guru.

4. Bagi yang pernah 2 (dua) kali menjadi pemenang Lomba Keberhasilan Guru dalam Pembelajaran Tingkat Nasional baik Pemenang I, Pemenang II, maupun Pemenang III dapat mengikuti lomba ini setelah 5 (lima) tahun atau lebih dihitung dari kemenangannya yang terakhir.

H. WAKTU PELAKSANAAN

1. Penerimaan naskah lomba dimulai sejak tanggal 2 Mei 2008 dan paling lambat tanggal 30 September 2008 (cap pos).

2. Karya lomba asli sebanyak 1 (satu) eksemplar dikirim kepada :

“Panitia Lomba Keberhasilan Guru Dalam Pembelajaran Tingkat Nasional”

Direktorat Profesi Pendidik

Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan

Departemen Pendidikan Nasional

Up. Subdit Penghargaan dan Perlindungan

Gedung D Lantai 14 Jl. Jenderal Sudirman Pintu I Senayan, Jakarta Pusat

Telp. (021) 57974123

J. PENGHARGAAN BAGI PEMENANG

Bagi pemenang lomba disediakan hadiah berupa uang dengan total nilai sebesar Rp.

1.050.000.000,- (Satu milyar lima puluh juta rupiah) dan piagam dari Menteri Pendidikan

Nasional.

K. KETENTUAN LAIN

  1. Pada pojok kiri atas sampul pengiriman ditulis “GURU YANG PROFESIONAL

DAN BERMARTABAT”.

2 Finalis Lomba akan dipanggil ke Jakarta untuk mengikuti seleksi penentuan pemenang lomba tingkat nasional pada bulan November 2008. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional tahun 2008.

3 Naskah yang masuk menjadi milik Panitia dan hak penerbitan naskah berada pada Direktorat Profesi Pendidik, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Departemen Pendidikan Nasional.

3. Keputusan panitia bersifat final

L. BIODATA

BIODATA PESERTA LOMBA KEBERHASILAN GURU

DALAM PEMBELAJARAN TINGKAT NASIONAL TAHUN 2008

Foto 3 x 4

1. Nama

2. NIP/NIGB/NIY *)

3. Jabatan

4. Pangkat/gol. Ruang

5. Tempat dan tanggal lahir

6. Jenis kelamin

7. Agama

8. Mata Pelajaran yang diajarkan

9. Masa kerja guru **)

10. Judul naskah lomba

11. Pendidikan terakhir

12. Fakultas/jurusan

13. Status perkawinan Kawin/belum kawin ***)

14. Sekolah

1. Nama sekolah

2. Jalan

3. Kelurahan/ Desa

4. Kecamatan

5. Kabupaten

6. Propinsi

7. Kode pos

8. Telepon / Alamat rumah

9. Jalan

10. Kelurahan/ Desa

11. Kecamatan

12. Kabupaten

13. Propinsi

14. Kode pos

15. Telepon

16. No. Hp

17. Prestasi dan Keberhasilan yang pernah dicapai ****)

18. Lomba Keberhasilan Guru yang pernah diikuti Berapa kali… dan juara ke berapa…

……………, 2008

Mengetahui: Kepala Sekolah, Peserta Lomba,

………………….. …………………..

NIP NIP

*) Dapat ditulis bagi yang memiliki

**) SK CPNS/Surat Pengangkatan menjadi guru dari yayasan dan SK terakhir

***) Coret salah satu

****) Dapat ditulis di kertas tersendiri

Terakhir Diperbaharui ( Saturday, 10 May 2008 )

1 Komentar

  1. Kalau boleh saya ingin berkenalan dengan Bapak/Ibu/Saudara Abynoel ini. Sepertinya guru juga, kok peduli pada lomba-lomba tentang guru. Siapakah jati diri Anda, mohon kirim biodata. Kalau ingin mengenal saya,silakan lihat di http://hardi-guru-bhs-indonesia.blogspot.com
    Terima kasih.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s