Aku Luluuuus…!!!

Untuk menempuh gelar S2 dalam perguruan tinggi diwajibkan menyelesaikan suatu permasalahan dengan ilmu yang telah didapatkan selama kuliah yang biasa disebut tesis. Dan kita tidak asing lagi membaca suatu tesis teman yang berwacana “sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magistes Sains pada program Pascasarjana Universitas Andalas”. Dengan kata-kata tersebut kita dibuat demam dan pusing selama beberapa semester, kalao satu semester tidak masalah tetapi beberapa semester yang membuat kita semakin menderita. Hehehehheheh no problem,its ok!. Dalam menyeleseikan ini ada tiga tahapan yang membuat kita tidak bisa tidur dan membuat stres berat, diantara tahapan yang wajib dilalui :

1. Seminar Proposal

Seminar ini hanya menceritakan bagaimana latar belakang dan tujuan skripsi yang akan dibuat. Pada tahapan ini cukup setengah tegang soalnya udah di tanya-tanya’in yang gak karuan kalo gak bisa jawab biasanya dengan jawaban “masih dalam proses pak /buk ?” hehehehhehe jawaban yang kurang tegas!!!. Jumlah SKSnya 1 tapi ‘”seteres”nya 6 SKS..!

2. Seminar Hasil

Proses seminar hasil ini yang berat dan membuat tidak bisa tidur semalaman. Ditambah kondisi fisik tidak memungkinkan, tidak kuat berdiri dihadapan dewan penguji, maklum kena vonis hepatitis B kronis dan baru saja tiga hari menjelang ujian pulang dari rawatan di RS. Bayangin…, megang mouse aja manggaretek. Untunglah kawan satu pembimbing membantu. “Pembantaian” oleh 2 orang Profesor dan 3 orang Doktor berlangsung “suksesss” Banyak kritik dan masukan untuk memperbaiki tesis dari segi pengolahan data dan kaidah penulisan, termasuk data KLB ! (Kejadian Luar Biasa, meminjam istilah salah seorang Doktor penguji…!). Alhamdulillah….dapat nilai A.

3. Seminar Kompre

Ini pentas yang terakhir dari yang paling akhir di depan dewan penguji…. Pada tahap ini benar-benar akan di uji kemampuan dan ilmu yang telah dipelajari selama kuliah. Bayangkan waktu untuk kompre ini selama 2 jam bahkan lebih loh, selama waktu itu akan dihajar atau di hujamkan beberapa pertanyaan yang membuat kalang kabut dan panik..! itulah seninya seminar kompre. Setelah waktu terlampui……betapa senangnya dan mendapatkan nilai A lagi ,walaupun tidak berpikir bahwa masih banyak revisian, yang penting dah selesai !!! Alhamdulillah……….

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s