KISI-KISI MIDSEMESTER 1

Memahami struktur atom, Sifat-sifat periodik unsur dan ikatan kimia Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur,massa atom relatif dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya melalui pemahaman konfigurasi elektron Struktur Atom

–   Model atom

–   Perkembangan Teori Atom

–   Kelebihan/kelemahan teori atom

Diberikan beberapa gambar model atom, siswa dapat menentukan model atom Bhor dengan tepat PG 1/C2
Diberikan beberapa pernyataan yang berkaitan dengan kelemahan teori atom, siswa dapat menentukan pernyataan yang benar tentang kelemahan teori atom Rutherford PG 2/C2
Diberikan beberapa pernyataan yang berkaitan dengan kelemahan teori atom, siswa dapat menentukan pernyataan yang benar tentang kelemahan teori atom Bhor PG 3/C3
Diberikan pernyataan yang berkaitan dengan teori atom, siswa dapat menentukan tokoh yang menyatakan teori tersebut dengan tepat. PG 4/C2
Diberikan beberapa postulat Dalton, siswa dapat memilih postulat yang tidak berlaku lagi pada saat sekarang dengan tepat PG 5/C2
–   Orbital elektron Siswa dapat menghitung jumlah elektron maksimal yang terisi pada kulit atom tertentu dengan tepat PG 6/C3
Siswa dapat menentukan dengan tepat perpindahan elektron dari orbital tertentu yang menyerap/melepas energi paling maksimal PG 7/C2
–   Konfigurasi elektron Diberikan notasi atom suatu unsur, siswa dapat menuliskan konfigurasi elektronnya dengan tepat (atau sebaliknya) PG 8/C4
    Diberikan notasi atom suatu Ion, siswa dapat menuliskan konfigurasi elektronnya dengan tepat (atau sebaliknya) PG 9/C4
–   Proton, elektron dan neutron Diberikan notasi atom beserta nomor massa dan nomor atomnya, siswa dapat menentukan jumlah proton, elektron dan netronnya dengan tepat (atau sebaliknya) PG 10/C4
Diberikan notasi Ion beserta nomor massa dan nomor atomnya, siswa dapat menentukan jumlah proton, elektron dan netronnya dengan tepat (atau sebaliknya) PG 11/C3
–   Elektron valensi Diberikan nomor massa dan jumlah neutron suatu unsur, siswa dapat menghitung jumlah elektron valensinya dengan benar PG 12/C4
Diberikan beberapa nomor atom, siswa dapat menentukan unsur yang mempunyai jumlah elektron valensi paling besar PG 13/C4
–   Isotop, isobar dan isoton Diberikan beberapa pasangan unsur, siswa dapat mengklasifikasikan yang tergolong pasangan isotop/isoton/isobar dengan benar PG 14/C4
Diberikan 2 jenis isotop dan kelimpahannya di alam, siswa dapat menghitung massa atom relatif unsur tersebut dengan benar PG 15/C5
SISTEM PERIODIK UNSUR

–   Perkembangan Sistem Periodik Unsur

Diberikan pernyataan tentang perkembangan sistem periodik unsur, siswa dapat menyebutkan nama tokoh yang mengemukakannya. PG 16/C2
Diberikan beberapa pernyataan yang berkaitan dengan kelemahan SPU, siswa dapat menentukan pernyataan yang benar tentang kelemahan SPU Mendeleyeev PG 17/C3
    –   Perioda dan Golongan Diberikan pernyataan tentang perkembangan sistem periodik unsur, siswa dapat mendeskripsikan SPU Modern dengan tepat. PG 18/C4
Diberikan jumlah proton, elektron dan neutron suatu unsur, siswa dapat menentukan perioda dan golongan unsur tersebut dengan tepat PG 19/C5
Siswa dapat menjelaskan dasar penyusunan perioda dan golongan pada sistem periodik modern PG 20/C2 dan 21/C4
Diberikan gambar model atom Bhor berikut elektron-elektron pada kulit atomnya, siswa dapat menentukan perioda dan golongan unsur tersebut dengan benar (atau sebaliknya) PG 22/C4
Diberikan nomor atom suatu unsur, siswa dapat menentukan perioda dan golongan unsur tersebut dengan benar. PG 23/C4
Siswa dapat menjelaskan nama-nama golongan unsur dalam sistem periodik unsur dengan benar PG 24/C3
Diberikan beberapa kelompok lambang unsur, siswa dapat menggolongkan unsur yang termasuk golongan alkali tanah dengan tepat PG 25/C2
–   Logam dan Nonlogam Diberikan lambang beberapa unsur, siswa dapat menentukan unsur yang bersifat logam/nonlogam dengan benar PG 26/C2
–   Sifat Periodik Unsur Diberikan beberapa pernyataan yang berkaitan dengan sistem periodik, siswa dapat menentukan pernyataan yang benar tentang sifat keperiodikan unsur PG 27/C4
–   Jari-jari atom Diberikan nomor atom beberapa unsur, siswa dapat menentukan unsur yang mempunyai jari-jari terbesar dengan benar PG 28/C2
    Diberikan grafik hubungan jari-jari atom terhadap nomor atom unsur-unsur, siswa dapat mendeskripsikan jari-jari atom tertentu dengan benar PG 29/C6
–   energi ionisasi Diberikan nomor atom beberapa unsur, siswa dapat menentukan unsur yang mempunyai potensial ionisasi terbesar dengan benar PG 30/C4
Diberikan data beberapa harga energi ionisasi dan nomor atomnya, siswa dapat menentukan harga energi ionisasi unsur tertentu dengan benar PG 31/C3
Diberikan data grafik energi ionisasi terhadap nomor atom unsur-unsurnya, siswa dapat mendeskripsikan energi ionisasi unsur tertentu dengan benar PG 32/C6
–   affinitas elektron Diberikan nomor atom beberapa unsur, siswa dapat menentukan unsur yang mempunyai affinitas elektron terbesar dengan benar PG 33/C4
–   elektronegatififtas Diberikan nomor atom beberapa unsur, siswa dapat menentukan unsur yang mempunyai elektronegatifitas terbesar dengan benar PG 34/C4
Diberikan tiga buah lambang unsur dan nomor atom masing-masing, siswa dapat mengurutkan kenaikan harga keelektronegatifan unsur-unsur tersebut PG 35/C5
 
Padang, 30 September   2010
Guru Mata Pelajaran

 

 

 

Abinul Hakim

NIP. 196904091994011001

1 Komentar

  1. boleh minta soal soal atau kisi-kisi tentang ujian nasional thun ini tingkatan smp jakarta timur…
    minta websitenya…


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s