RPP Kimia Berkarakter kelas X

RPP Kimia
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran SMA
Struktur Atom
Satuan Pendidikan : SMA Negeri 4 Padang
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : Kelas X/Semester 1
Materi Pembelajaran : Perkembangan teori atom mulai dari
Dalton samapai teori Atom Modern
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit ____________________________________________________________
I. Standar Kompetensi : Memamahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan
ikatan kimia
II. Kompetensi Dasar : Memamahami struktur atom berdasarkan teori atom Bhor,
sifat-sifat unsur,masa atom relative,dan sifat-sifat periodic
unsur dalam tabel periodic serta menyadari keteraturannya
melalui pemahaman konfigurasi elektron.
III. Indikator
A. Kognitif
1. Produk:
a. Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan data percobaan
2. Proses:
a. Mengkaji berbagai literautur tentang perkembangan teori atom, agar dapat:

1. Menjelaskan pengertian atom sebagai unit pembangun materi (teori atom Dalton).
2. Menjelaskan dasar teori dari teori atom Dalton, Thomson, Rutherford, Niels Bohr dan mekanika kuantum.
3. Menjelaskan ide pokok dalam teori atom Dalton, Thomson, Rutherford, Niels Bohr dan Mekanika kuantum.
4. Menjelaskan kelemahan teori atom Dalton, Thomson, Rutherford, dan Niels Bohr.
b. Menyimpulkan hasil pembelajaran.

B. Psikomotor
1. Aktif mengungkapkan perkembangan teori atom
2. Mengidentifikasikan kekurangan dan kelebihan masing-masing teori atom

C. Afektif
a) Karakter
Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter:
a. Jujur.
b. Bertanggung jawab secara individu dan sosial
c. Peduli.
b) Keterampilan Sosial
a. Bertanggung jawab terhadap tugas bersama yang diberikan
b. Bersikap menghargai pendapat orang lain.
c. Bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompok.

IV. Tujuan Pembelajaran:
A. Kognitif
1. Produk:
Dapat menunjukan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan data percobaan
2. Proses
a. Mengkaji berbagai literautr tentang perkembangan teori atom, agar dapat:

1. Menjelaskan pengertian atom sebagai unit pembangun materi (teori atom Dalton).
2. Menjelaskan dasar teori dari teori atom Dalton.
3. Menjelaskan dasar teori dari teori atom Thomson.
4. Menjelaskan dasar teori dari teori atom Rutherford.
5. Menjelaskan dasar teori dari teori atom Niels Bohr.
6. Menjelaskan dasar teori dari teori atom mekanika kuantum.
7. Menjelaskan ide pokok dalam teori atom Dalton, Thomson, Rutherford, Niels Bohr dan Mekanika kuantum.
8. Menjelaskan kelemahan teori atom Dalton, Thomson, Rutherford, dan Niels Bohr.
b. Menyimpulkan hasil pembelajaran.

B. Psikomotor
1. Aktif mengungkapkan perkembangan teori atom
2. Mengidentifikasikan kekurangan dan kelebihan masingmasing teori atom

C. Afektif
1. Karakter:
a. Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter dapat dipercaya. Diantaranya siwa jujur, mampu mengikuti komitmen, mencoba melakukan tugas yang diberikan, menjadi teman yang baik dan membantu orang lain.
b. Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter tanggung jawab individu. Diantaranya siswa mengerjakan tugas-tugas yang diberikan, dapat dipercaya/diandalkan, tidak pernah membuat alasan atau menyalahkan orang lain atas perbuatannya.
c. Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter tanggung jawab sosial. Diantaranya siswa mengerjakan tugas kelompok untuk kepentingan bersama, secara suka rela membantu teman.
d. Dalam proses pembelajaran, siswa dapat dilatihkan karakter peduli. Diantaranya siswa peka terhadap perasaan orang lain, mencoba untuk membantu siswa yang membutuhkan.

2. Keterampilan sosial:
a. Dalam kerja kelompok semua siswa bertanggung jawab terhadap tugas kelompok yang diberikan.
b. Dalam diskusi kelompok atau kelas, siswa aktif mengajukan pertanyaan. dan memberikan ide atau pendapat, dan menghargai pendapat orang lain.
c. Dalam diskusi kelompok, siswa dapat bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompok.

V. Materi Ajar
Fakta:
Atom itu bagian terkecil dari materi yang tidak bias dilihat dengan mata telanjang
Atom berbentuk bulat
Electron bagian dari atom
Atom mempunyai int atom
Konsep:
– Atom
– Elektron
– Inti atom
– Netron
– Proton

Prinsip:
– atom adalah bagian terkecil dari materi yang terdiri dari proton pada inti atom dan elektron beredar mengelilingi inti pada tingkat energi tertentu.
– Elektron bergerak mengelilingi inti atom

VI. Alokasi Waktu :
Beban Belajar Waktu Bentuk Kegiatan / tugas
Tatap Muka 50’ Menjelaskan Perkembangan teori atom
Penugasan Terstruktur 30’ Mengkaji Literatur
Kegiatan Mandiri Tidak Terstruktur

VII. Model dan Metode Pembelajaran:
Model Pembelajaran: Model Pembelajaran Kooperatif
Metode Pembelajaran: Diskusi dan pemberian tugas

VIII. Proses Belajar Mengajar

Kegiatan Pembelajaran Waktu
Peralatan Pendukung Ket
A. Pendahuluan :
1. Salam pembuka memeriksa kehadiran siswa
2. Perkenalan tentang Atom & memotivasi siswa dengan membahas atom sebagai partikel dasar penyusun materi.Bahasan ini adalah meriview materi struktur atom yang telah dipelajari di SMP
3. Mengkomunikasikan tujuan pembelajaran produk, proses, psikomotor, karakter dan keterampilan sosial.

B. Inti :
Eksplorasi
1. Mengkaji berbagai literautur tentang perkembangan teori atom
2. Melakukan Diskusi kelas untuk menjelaskan penemuan dan perkembangan teori atom
3. Menonton animasi/simulasi percobaan para ahli
4. Rumusan masalah tentang bagaimana menunjukan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan data percobaan dari literature.
5. Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok kooperatif dan membagikan, bahan dan LKS 1 untuk setiap kelompok
6. Siswa merumuskan hipotesis tentang Pendapat para ahli tentang model atom serta kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan data percobaan dari literature
7. Membimbing kelompok mempersentasikan hasil diskusi dengan mengacu pada LKS. Ditekankan perlunya mendengarkan ide teman dalam analisis ini.
Elaborasi :
1. Melakukan evaluasi formatif dengan cara meminta satu-dua kelompok menyimpulkan kinerjanya dan kelompok lain menjadi pendengar yang baik dan kemudian dapat menanggapi.
2. Latihan soal tentang perkembangan teori atom
3. Siswa mencocokan jawaban dengan teman yang mengerjakan di papan tulis
Konfirmasi :
1. Memberikan penghargaan kepada individu dan kelompok yang berkinerja baik dan amat baik dalam kegiatan belajar mengajar tersebut.
2. Membimbing setiap kelompok menemukan kesimpulan yang menunjukan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom dengan mengacu pada LKS.
C. Penutup :
1. Menutup pelajaran dengan membimbing siswa membuat kesimpulan dan memberi PR
2. Menginformasikan keberhasilan yang telah dicapai siswa
3. Menginformasikan mater pembelajatran yang akan dibahas pada minggu berikutnya.
5‘

20‘

10‘

10‘

5‘ Buku Paket Kimia Kelas X
Laptop
LCD
LKS

IX. Penilaian Hasil Belajar
• Prosedur Penilaian :
1. Penilaian Kognitif
2. Penilaian Afektif
3. Penilaian Psikomotor
• Teknik Penilaian :
1. Tes Tertulis : Objektif tes
2. Pemberian Tugas
• Alat Penilaian :
1. Tes Akhir
X. Sumber Belajar
1. Buku Paket Kimia SMA Kelas X
2. LKS

1 Komentar

  1. Abi….trim’s ya ilmux…


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s