SKL KIMIA UN2011

SKL Kimia SMA/MA tahun 2011 berikut ini dapat kita gunakan sebagai acuan untuk pembelajaran di tahun 2011 – 2012 yang akan datang, sambil menunggu diterbitkannya SKL yang baru. Dari pengalaman, perubahan SKL ternyata tidak terlalu banyak, sehingga tidak perlu kita menunggu SKL baru.
Jika pembelajaran mengacu pada SKL, maka pembelajaran dapat terarah dengan baik, sehingga memudahkan siswa memahami konsep-konsep kimia yang akan diujikan nanti.
Kita bantu para siswa untuk mencermati SKL kemudian memilih soal-soal yang sesuai dengan indikator yang tersedia. Semoga bantuan ini memudahkan kita dalam memprediksi soal-soal yang sesuai dengan indikator. Pada artikel selanjutnya saya akan membahas SKL ini lebih rinci.

NO. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN INDIKATOR
1. Menganalisis struktur atom, sistem periodik unsur dan ikatan kimia untuk menentukan sifat-sifat molekul, unsur dan senyawa. Menentukan unsur dan kaitannya dengan struktur atom, konfigurasi elektron dan letaknya dalam tabel periodik.
Memprediksi jenis ikatan kimia atau gaya antar molekul.
2. Menerapkan hukum-hukum dasar kimia untuk memecahkan masalah dalam perhitungan kimia. Menyelesaikan perhitungan kimia berdasarkan hukum-hukum dasar kimia.
Mendeskripsikan persamaan reaksi kimia anorganik.
3. Menganalisis sifat-sifat larutan, metode pengukuran dan terapannya. Menganalisis sifat elektrolit/non elektrolit berdasarkan daya hantar listriknya.
Mendeskripsikan konsep pH larutan.
Menentukan hasil titrasi asam basa.
Mendeskripsikan sifat larutan penyangga.
Mendeskripsikan hidrolisis garam dan Ksp.
Mendeskripsikan sifat-sifat koligatif larutan.
Mendeskripsikan sistem dan sifat koloid serta penerapannya.
4. Mendeskripsikan senyawa organik, gugus fungsi dan reaksinya, benzena, dan turunannya, dan makromolekul. Mendeskripsikan senyawa karbon termasuk identifikasi dan kegunaannya.
Mendeskripsikan benzena dan turunannya serta kegunaannya.
Mendeskripsikan makromolekul termasuk identifikasi dan kegunaannya.
5. Memahami perubahan energi, cara pengukuran dan penerapannya. Menganalisis proses eksoterm/endoterm pada termokimia.
Menentukan kalor reaksi.
6. Memahami kinetika reaksi, keseimbangan kimia, dan faktor- faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dan industri. Menentukan laju reaksi.
Mendeskripsikan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi laju reaksi dan kesetimbangan kimia.
Menentukan Kc dan atau Kp.
7. Memahami reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Mendeskripsikan reaksi reduksi-oksidasi.
Mendeskripsikan komponen, notasi, proses, reaksi dan potensial sel elektrokimia.
Mengaplikasikan hukum faraday dalam perhitungan kimia.
Mendeskripsikan fenomena korosi.
8. Mendeskripsikan unsur-unsur penting, terdapatnya di alam, pembuatan dan kegunaannya. Mendeskripsikan unsur-unsur penting yang ada di alam.
Mendeskripsikan cara memperoleh unsur dan kegunaannya.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s